PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN VARIASI METODE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
PDF

Keywords

Kompetensi
Metode Pembelajaran
Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan dosen dalam mendorong mahasiswa untuk berprestasi seperti dalam penggunaan metode belajar sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai setelah pembelajaran selesai. Namun tidak semua yang dilakukan oleh dosen dapat mendorong mahasiswa untuk berprestasi secara optimal, sebab akan sangat tergantung pula kondisi dosen dan mahasiswa tersebut, seperti nampaknya berbeda antara prestasi mahasiswa jurusan yang satu dengan jurusan yang lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di Jurusan Tadris IPS IAIN Tulungagung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Tadris IPS Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018   sebanyak  170  orang. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dengan Regresi Berganda Non Parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar  Mahasiswa Semester Ganjil  Jurusan Tadris IPS pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Tahun Akademik 2017/2018, dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,288 bernilai positif dengan signifikan sebesar 0,023. Karena nilai Sig-t  yaitu 0,023 < 0,05 maka secara parsial variabel kompetensi dosen (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar mahasiswa (Y) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.  2) Pengaruh Variasi Metode  terhadap Prestasi Belajar  Mahasiswa Semester Ganjil  Jurusan Tadris IPS pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Tahun Akademik 2017/2018, dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,396 bernilai positif dengan signifikan sebesar 0,018. Karena nilai Sig-t < 0,05 yaitu 0,018 < 0,05 maka secara parsial variabel variasi metode  (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar mahasiswa  (Y) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.  3) Pengaruh Kompetensi Dosen dan Variasi Metode secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ganjil Jurusan Tadris IPS pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Tahun Akademik 2017/2018, dibuktikan dari nilai Fhitung 7,307 > Ftabel 4,75 dengan Sig. 0,001. Jadi Sig. diperoleh 0,0001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

PDF

References

Abdorrakhman Gintings. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humoniora.
Degeng NR. (1999). Ilmu Pengajaran, Takksonomi Variabel. Jakarta: Diiknas, Dirjend. Dikti Personal LPTK.
E. Mulyana. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moh. Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Nana Sudjana. (2002). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sardiman, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan,Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI tahun 2007.
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003.
Undang-Undang RI Nomor l4 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.