Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Upaya Resiliensi Sosial dan Mitigasi Bencana
PDF

Keywords

Pembelajaran Lingkungan, Rresiliesi Sosial, Mitigasi Bencana

Abstract

Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang memiliki sumberdaya alam dan sekaligus potensi terjadinya bencana alam yang besar, seperti banjir, kekeringan, tanah longsor, gempa bumi, kebakaran hutan, dll. DampakĀ  bencana yang terjadi menimbulkan berbagai permasalahan mulai rusaknya tempat tinggal, korban jiwa maupun hilangnya harta benda dan penghidupannya. Berbagai tindakkan dilakukan dalam mitigasi bencana dari Pemerintah namun masih adanya kurangnya kesadaran masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana. Rendahnya kesadaran ini karena masih minimnya pengetahuan dan pemahaman masyakat terhadap lingkungan sekitarnya. Maka dari itu pentingnya pendidikan kebencanaan itu dilakukan sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana agar dapat meminimalisis dampak risiko kerugiannya. Pendidikan kebencanaan dapat dilakukan melalui kebijakan pengembangan kurikulum sekolah dan melalui pembelajaran lingkungan. Pada artikel ini memberikan gagasan baru dalam pembelajaran di sekolah khususnya untuk pendidikan mitigasi kebencanaan. Metode yang digunakan yaitu telaah kepustakaan dengan menganalis berbagai permasalahan yang ada. Hasilnya, (1) bahwa dalam pendidikan Kebencanaan melalui mitigasi bencana dapat dilakukan dengan peran Pemerintah melalui kebijakan kurikulum yang pengembangannya berbasis pada lingkungan sekitar. Model ini akan menumbuhkan pengetahun siswa dapat mengenali lingkungannya. (2) pembelajaran tentang kearifan lokal masyarakat, dari cerita-cerita orang yang lebih tua dapat sebagi bentuk tukar pengalaman bagaimana masyarkat dahulu menghadi bencana, bisa berbagi stratefi apabila bencana datang. Proses ini akan dapat sebagai dukungan dalam menumbuhkan dan membangun resiliensi sosial masyarakat. Sehingg pembelajaran lingkungan fisik lokasi sekolah dan pembelajaran kearifan lokal masyarakat di tempat tinggal siswa dapat digunakan untuk modal mitigasi bencana.

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Eko Heri Widiastuti. Jurnal Satya Widya, Vol. 33, No. 1. Juni 2017: 29-36
Enok Maryani. 2010. Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Geografi Vol 10, No 1 2010
Fauzi Setyobudi, Saliman (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. JIPSINDO No.1, Volume 5, Maret 2018
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131 Tahun 2003 tentang Pedoman Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi di Daerah Menteri Dalam Negeri.
KI dan KD Pelajaran Kurikulum 2013 SMA, MA, SMK, dan MAK Tahun Pembelajaran 2016/2017 Berdasarkan Permendikbud Nomor 24 tahun 2016.
Karyono. 2010. Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. Dalam Halim, Muliha. (pyt.) Prosiding Makalah Seminar Nasional Pendidikan IPS. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Masruri, MS. (2002). Pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta: Yogyakarta University Pres
Muh. Aris Marfai, Pengantar Etika Lingkungan dan Kearifan Lokal, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 2013
Purwanto, M. Ngalim. 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Respati Wikantiyoso. 2010. Mitigasi Bencana Di Perkotaan; Adaptasi atau Antisipasi Perencanaan dan Perancangan Kota? (Potensi Kearifan Lokal Dalam Perencanaan dan Perancangan Kota Untuk Upaya Mitigasi Bencana). Jurnal Local Wisdom. Volume 2 No. 1/Januari 2010.
Rosmawati Dkk. 2011. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PTK Volume Khusus
Siagian, T. H., Purhadi, P., Suhartono, S., & Ritonga,
H. (2014). Social Vulnerability to Natural Hazards in Indonesia: Driving Factors and Policy Implications. Natural hazards, 70 (2), 1603-1617
Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No 33 Tahun 2006
Wa Ode Nur Kardila. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 4. No 2 April 2019
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.