DAMPAK STRATEGI PROMOSI EDUKATIF TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN PARIWISATA SYARIAH DI KABUPATEN JOMBANG
Download Article (PDF)

Keywords

Strategi Promosi
Promosi Berbasis Edukasi
Reputasi Perusahaan
Pariwisata Syariah
Kabupaten Jombang

How to Cite

Rofikhoh, S., Himmati, R., & Abin, M. (2024). DAMPAK STRATEGI PROMOSI EDUKATIF TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN PARIWISATA SYARIAH DI KABUPATEN JOMBANG. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(2), 143-156. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i2.9915

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi promosi berbasis edukasi terhadap reputasi perusahaan pariwisata syariah di Kabupaten Jombang. Promosi berbasis edukasi bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada calon wisatawan mengenai pariwisata syariah dan nilai-nilai syariah yang diterapkan dalam industri pariwisata, dengan harapan dapat meningkatkan reputasi perusahaan tersebut. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah mengunjungi objek wisata syariah di Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini, objek wisata yang dianalisis sebanyak  5 objek wisata antara lain Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari, Makam Gus Dur, Makam Sayyid Sulaiman, Makam KH. Abdul Wahab Chasbullah, dan Masjid Agung Baitul Mukminin.  Data kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi berbasis edukasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung sebesar 11,662 > 1,6605, yang mengindikasikan bahwa semakin baik pelaksanaan strategi promosi berbasis edukasi, maka semakin baik pula reputasi perusahaan pariwisata syariah di mata masyarakat. Kesimpulannya, promosi berbasis edukasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan reputasi perusahaan pariwisata syariah.

Kata Kunci: Strategi Promosi; Promosi Berbasis Edukasi; Reputasi Perusahaan; Pariwisata Syariah; Kabupaten Jombang

 

Abstract: This research aims to analyze the influence of education-based promotional strategies on the reputation of sharia tourism companies in Jombang Regency. Education-based promotion aims to provide potential tourists with an in-depth understanding of sharia tourism and the sharia values ​​applied in the tourism industry, with the hope of improving the company's reputation. The method used was descriptive quantitative, with data collection through questionnaires distributed to 100 respondents who had visited sharia tourist attractions in Jombang Regency. In this research, 5 tourist attractions were analyzed, including the Indonesian Islamic Museum KH. Hasyim Asy'ari, Gus Dur's grave, Sayyid Sulaiman's grave, KH. Abdul Wahab Chasbullah, and the Baitul Mukminin Grand Mosque. The data was then analyzed using a simple linear regression test with the help of SPSS 26 software. The research results showed that education-based promotional strategies had a positive and significant influence on the company's reputation. This is proven by a significance value of 0.000 < 0.05 and a t-calculated value of 11.662 > 1.6605, which indicates that the better the implementation of education-based promotional strategies, the better the reputation of sharia tourism companies in the eyes of the public. In conclusion, education-based promotion can be an effective strategy in improving the reputation of sharia tourism companies. 

Keywords: Promotion Strategy; Education Based Promotion; Company Reputation; Sharia Tourism; Jombang Regency

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i2.9915
Download Article (PDF)

References

Abdullah, Karimuddin, dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Andriani, U., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Megaluh Jombang dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 286-296.

Aulia, S. H., & Tsabithah, H. (2023). Potensi Pariwisata Syariah dalam Membangun Perekonomian Umat. Jurnal Destinasi Pariwisata.

Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2018-2020. https://www.bps.go.id/statistics-table/2/MTgyMSMy/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html

detikJatim. (2022). Museum Islam di Jombang Kini Buka Tiap Hari, Intip Ratusan Koleksinya, Yuk! Detik.Com. https://www.detik.com/jatim/wisata/d-6205373/museum-islam-di-jombang-kini-buka-tiap-hari-intip-ratusan-koleksinya-yuk

Hawari, F. I., & Fadhillah, N. (2023). Mengintegrasikan Nilai-Nilai Agama Islam dalam Praktik Manajemen Perusahaan. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Liputan6. (2023). Indonesia Peringkat Pertama Global Muslim Travel Index 2023, Sandiaga Uno Ungkap Wisata Halal Dongkrak Peningkatan Jumlah Wisatawan. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5304739/indonesia-peringkat-pertama-global-muslim-travel-index-2023-sandiaga-uno-ungkap-wisata-halal-dongkrak-peningkatan-jumlah-wisatawan#:~:text=Setelah menduduki peringkat 4 pada,Global Muslim Travel Index 2023.&text=Liputan6.com%2C Jakarta - Indonesia,Travel Index atau GMTI 2023.

Maidiana. (2021). Penelitian Survey. Journal of Education, 1(1), 21.

Noviantoro, dkk. (2020). Prospek Pariwisata Syariah (Halal Tourism): Sebuah Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Equilibrium, 2. www.kemenparekraf.go.id

Putri, A. M., & Amri, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Wisata Halal pada Objek Wisata Magetan Bluder Place Newtweety di Kabupaten Magetan. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 277–288.

Rasyad, M. A. F., & Ifantri. (2021). Strategi Promosi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bima di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1).

Saleh, M., Kamaruzzaman, & Desky, H. (2022). Pengembangan Wisata Islami: Strategi Pemasaran Wisata Halal di Bumi Syariah. 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.767.

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis, Pendekatan Filosofi dan Praktis (Jakarta). PT. Indeks.

Sunarti, A. H., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. ANDI.

Worokinasih, P. S. S. (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Sulam sebagai Objek Wisata Edukasi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4).

Fajar, Y.A. (2023). Analisis Kepuasan Wisatawan Dan Strategi Pengembangan Agrowisata Bale Tani Kecamaan Bareng Kabupaten Jombang.

Adiyanto, Y. (2018). Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Sains Manajemen IV, 2, 86.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.