SEMIOTIC ANALYSIS OF THE REPRESENTATION OF BACPACKER TOURISM IN THE FILM "TRINITY, THE NEKAD TRAVELER"
Download Article (PDF)

Keywords

backpacker
tourism
film
semiotics

How to Cite

Shidiqy, D., & Arini, E. (2024). SEMIOTIC ANALYSIS OF THE REPRESENTATION OF BACPACKER TOURISM IN THE FILM "TRINITY, THE NEKAD TRAVELER". Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(2), 194-207. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i2.9873

Abstract

Abstract: As an archipelagic country with enormous tourism potential, it can boost state income through foreign exchange. Even though data on foreign tourist visits in 2023 increased 98% compared to 2022 and is dominated by private visits, Indonesia is only ranked 4th in ASEAN regarding tourism visits. The stimulus for building a tourism image is the spearhead for national tourism, one of which is through the medium of film. "Trinity, The Nekad Traveler" is a film that focuses on national tourism by presenting the backpacker concept. This research aims to determine the movie "Trinity, The Nekad Traveler" in representing backpacker travelers and backpacker tourism using a semiotic analysis approach modeled by Charles Sanders Peirce. The research results show that based on signs, objects, and interpretations in various scenes, the film "Trinity, The Nekad Traveler" represents the characteristics of backpackers and backpacker tourism.

Keywords: backpacker; tourism; film; semiotics

 

Abstrak: Sebagai negara kepulauan dengan potensi wisata yang sangat besar yang mampu mendongkrak pendapatan negara melalui devisa. Sekali pun data kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2023 meningkat 98% dibanding tahun 2022 dan didominasi oleh kunjungan personal, Indonesia hanya menempati urutan ke-4 di ASEAN dalam hal kunjungan pariwisatanya. Stimulus tentang pembangunan citra pariwisata menjadi ujung tombak terhadap eksistensi pariwisata nasional, salah satunya dengan media film. “Trinity, The Nekad Traveler” merupakan salah satu film yang mengangkat tentang pariwisata nasional dengan mengemas konsep backpacker. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui film “Trinity, The Nekad Traveler” dalam merepresentasikan backpacker traveler dan backpacker tourism dengan pendekatan analisis semiotika model Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan sign, object dan interprenant pada berbagai adegannya, film “Trinity, The Nekad Traveler” merepresentasikan tentang karakteristik backpacker traveler dan backpacker tourism.

Kata Kunci: backpacker; pariwisata; film; semiotika

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i2.9873
Download Article (PDF)

References

Amaliyah, Rizki, and Musa. (2022). Sektor Pariwisata, Pengangguran Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Al-Iqtishad Edisi 18 (1): 99–116.

Angela, Michelle, and Septia Winduwati. (2020). Representasi Kemiskinan Dalam Film Korea Selatan (Analisis Semiotika Model Saussure Pada Film Parasite). Koneksi 3 (2): 478. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6480.

Anggela, N. L. (2024). Nilai Devisa Pariwisata RI Capai Rp113 Triliun Hingga Juli 2024. Ekonomi.Bisnis.Com, September 2024.

Chen, Gang Hua, and Songshan (Sam) Huang. (2020). Backpacker Tourism: A Perspective Article. Tourism Review 75 (1): 158–61. https://doi.org/10.1108/TR-06-2019-0271.

Desrianti, Dewi Immaniar, Ruli Supriati, and Kivti Herdiana. (2020). Pemanfaatan Film Sebagai Peningkatan Media Promosi Pada Tempat Wisata. MAVIB Journal 2 (2): 143–55. https://doi.org/10.33050/mavib.v2i2.1189.

Fadli, Muhammad, Salsa Solli Nafsika, Televisi Fakultas, Pendidikan Seni, dan Desain. (2021). 5 Cm : Persfektif Semiotika Pada Perjalanan Pendakian 5 Cm : Semiotics Perspective on Hill Journey. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies 1 (3): 1–16.

Habib, M. A. F., Ratnaningsih, A. P. A., & Sinabutar, M. J. (2021). Semiotics Analysis of Ahok-Djarot’s Campaign Video on Youtube Social Media for The Second Round of The 2017 DKI Jakarta Gubernatorial Election. Journal of Urban Sociology, 4(2), 76-89.

Hasibuan, Indra Mualim, Satrya Mutthaqin, Ridho Erianto, and Isnaini Harahap. (2023). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Nasional. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 8 (2): 1200–1217.

Informasi, Tim Penyusun Pusat Data dan Sistem. (2023). Wisatawan Mancanegara Dalam Angka 2022. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kartikawati, Dwi. (2024). Analisis Semiotika Pesan Ajakan Bersedekah Sebagai Perwujudan Komunikasi Persuasi Dalam Media Film. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 10 (1): 70–81. https://doi.org/10.29210/020242348.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lukitasari, Rimalinda, and I Nyoman Darma Putra. (2017). Bujukan Berwisata Ke Bali: Simbol-Simbol Promosi Pariwisata Film ‘Eat Pray Love. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA) 3: 323–38. https://doi.org/10.24843/jumpa.2017.v03.i02.p09.

Mazaya, Z, N Susilawati, and U Nisa. (2024). Film Sebagai Medium Komunikasi Pariwisata (Storynomics Tourism Dalam Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’). Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu … 8 (2): 397–406. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/19631.

Nurbaeti, Nurbaeti, Myrza Rahmanita, Heny Ratnaningtyas, and Amrullah Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 10 (2): 269. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456.

Pinontoan, Nexen Alexandre. (2020). Representasi Patriotisme Pada Film Soegija (Analisis Semiotika John Fiske). Avant Garde 8 (2): 191. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1226.

Rahma, Adenisa Aulia. (2020). Potensi Sumber Daya Alam Dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata 12 (1): 1. https://doi.org/10.22146/jnp.52178.

Rainer, Pierre. (2023). Kontribusi Pariwisata Indonesia Terhadap PDB Dibandingkan Negara Lain. GoodStats, 2023. https://data.goodstats.id/statistic/kontribusi-pariwisata-indonesia-terhadap-pdb-dibandingkan-negara-lain-qC38F.

Rany. (2023). Kunjungan Wisatawan Ke Indonesia Meningkat. Antaranews.Com.

Rizaty, Monavia Ayu. (2024). Data Kontribusi PDB Pariwisata Indonesia Hingga Kuartal I/2024. GoodStats.

Septiani, Emilia, Budi Santoso, Mulyadi Mulyadi, and Muhdin Muhdin. (2019). Analisis Preferensi Pengunjung Kawasan Wisata Gili Meno Kabupaten Lombok Utara. Distribusi - Journal of Management and Business 7 (2): 141–54. https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.70.

Yuwita, Nurma. (2018). Representasi Nasionalisme Dalam Film Rudy Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Heritage 6 (1): 40–48. https://doi.org/10.35891/heritage.v6i1.1565.

Zhang, Jingru, Alastair M. Morrison, Hazel Tucker, and Bihu Wu. (2018). Am I a Backpacker? Factors Indicating the Social Identity of Chinese Backpackers. Journal of Travel Research 57 (4): 525–39. https://doi.org/10.1177/0047287517702744.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.