Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengkaji mengenai upaya yang dilakukan pemerintah dan pelaku usaha di sektor pariwisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara selama periode 2021 hingga 2024. Penurunan jumlah wisatawan mancanegara pasca pandemi COVID-19 menjadi perhatian khusus pemerintah dan pelaku usaha karena berdampak pada ketidakstabilan ekonomi dan popularitas pariwisata di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan, program, dan aksesibilitas untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kualitatif terhadap laporan perkembangan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, laporan organisasi pengelola destinasi, dan data-data yang terkait dengan Bali Beyond and Travel Fair (BBTF), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, upaya pengembangan pariwisata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui program pameran dagang internasional Bali Beyond dan Travel Fair, pemerintah dan organisasi serta pelaku bisnis pariwisata telah berhasil melakukan kerjasama untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari berbagai perspektif. Dari segi bisnis, upaya yang dilakukan adalah mengedepankan promosi pariwisata Indonesia, khususnya Bali dan sekitarnya, dengan menciptakan inovasi-inovasi untuk mendukung peningkatan penjualan paket-paket wisata. Dari sisi pemerintah mengupayakan kemudahan akses pasar, koneksi, dan kebijakan-kebijakan yang berlaku selama program berlangsung.
Kata Kunci: pemerintah; bisnis; diplomasi komersial; bali beyond dan travel fair; pariwisata.
Abstract: This study examines the efforts made by the government and business actors in the tourism sector to increase the number of foreign tourist visits during the period 2021 to 2024. The decline in the number of foreign tourists after the COVID-19 pandemic is of particular concern to the government and business actors because it has an impact on economic instability and tourism popularity in Indonesia. This study aims to analyze policies, programs, and accessibility to increase foreign tourist visits. The research methods used in this study include qualitative analysis of reports on the development of the number of foreign tourist visits, reports of destination management organizations, and data related to the Bali Beyond and Travel Fair (BBTF), the number of foreign tourist visits, tourism development efforts. The results of this study show that through the Bali Beyond and Travel Fair international trade show program, the government and tourism organizations and businesses have successfully cooperated to increase the number of foreign tourist visits from various perspectives. In terms of business, the efforts made are prioritizing the promotion of Indonesian tourism, especially Bali and its surroundings, by creating innovations to support the increase in sales of tour packages. From the government side, it seeks easy access to markets, connections, and policies that apply during the program.
Keywords: government; business; commercial diplomacy; bali beyond and travel fair; tourism.
References
Afif Manthofi, S. A. (2024). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 1-2.
Antara. (2024, Juni 14). Menparekraf nilai capaian BBTF 2024 tanda pemulihan pariwisata. Retrieved from antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/4152951/menparekraf-nilai-capaian-bbtf-2024-tanda-pemulihan-pariwisata
Anzela, A. I., & Rachmawati, I. (2023). Diplomasi Komersial 5 Destinasi Super Prioritas: Promosi dan Kerja Sama. Jurnal Pena Wimaya, 3(2).
Badan Pusat Statistik. (2021, Juni 2). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional April 2021. Retrieved from web-api.bps.go.id/: https://web-api.bps.go.id/download.php?f=Vdyut6SUmpi8UkwkK/+IUDFaK3RqemdOcGg0bUVqTmVMQk1ZRlVEWWFUaEMzMDJVMlZzY0NNTEFINjBveWVSa2orWVNVR2h4MWZ4S3dPdTZ0Nm9JbFFxVXNBTXIyWkJzcWpPZ1ZYZmVURyt0S0h1S0Q3ZnZWby91R1lRWk42V2g1SllqbWFkWFBFaW50b3RBY0ZJa3paejVHQlVXNjVZR2
Bali.Com. (2024). Bali & Beyond Travel Fair 2024 “Exploring & Experiencing Sense of Indonesia’s Beauty”. Retrieved from bali.com: https://bali.com/id/bbtf-id/bali-beyond-travel-fair-2024-exploring-experiencing-sense-of-indonesias-beauty/#:~:text=Sesi%20B2B:%20Acara%20ini%20akan,%2C%20kerajinan%20tangan%2C%20dan%20kuliner.
Bali.com. (2024). Bali & Beyond Travel Fair 2024 “Exploring & Experiencing Sense of Indonesia’s Beauty. Retrieved from bali.com: https://bali.com/id/bbtf-id/bali-beyond-travel-fair-2024-exploring-experiencing-sense-of-indonesias-beauty/
Darmayanti, N. L. P. S. P., & Arjaya, K. (2022, August). Pengaruh Bauran Pemasaran Bagi Peserta Sellers Terhadap Keputusan Berpartisipasi Dalam Kegiatan Bali dan Beyond Travel Fair 2019 di ASITA Bali. In Journal of Event and Convention Management, 1(1.
Faizah, N. (2021). Diplomasi Komersial Indonesia di Era Digital Melalui Next Indonesia Unicorn (NEXTICORN). SIYAR Journal, 1(1), 84-102.
Habib, M. A., & Mahyuddin. (2021). Evaluasi Pengelolaan Teknologi TPS 3R di Desa Wisata Religi Gunungpring Kabupaten Magelang. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, I(1), 1-34. doi:10.21274
Habib, M. A., Budita, A. K., Usrah, C. R., Fatkhullah, M., & Nisa, K. K. (2017). Exploitation Behind the Growth of Batik Home Industry in Lawean, Solo, Central Java. International Journal of Social Science and Humanity, VII(9), 618-623. doi:10.18178
I Wayan Sui Suadnyana, N. M. (2024, Juni 13). 100 Buyer BBTF Bakal Dibidik Kunjungi Mandalika-Likupang 2025. Retrieved from detik.com: https://www.detik.com/bali/bisnis/d-7389992/100-buyer-bbtf-bakal-dibidik-kunjungi-mandalika-likupang-pada-2025
Islam, P. I., & Savitri, F. M. (2023). Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Kunjung Ulang Peziarah Di Makam Syekh Abu Bakar Jepara. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 3(1), 67-83.
ITDC. (2022, Juni 16). Bali and Beyond Travel Fair 2022 Resmi Dibuka. Retrieved from itdc.co.id: https://www.itdc.co.id/press-release/bali-and-beyond-travel-fair-2022-resmi-dibuka-20220705071911
K. (2024, Juni 15). Siaran Pers: Dukung BBTF 2024, Kemenparekraf Undang Pelaku Wisata Sejumlah Negara Famtrip ke Bali. Retrieved from kemenparekraf.go.id: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-dukung-bbtf-2024-kemenparekraf-undang-pelaku-wisata-sejumlah-negara-famtrip-ke-bali
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2023). Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi kreatif 2023. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2021, Agustus 18). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. Retrieved from kemenparekraf.go.id: https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2023, Juni 18). Siaran Pers: Menparekraf Ingin BBTF Jadi Event MICE Terbesar di Kawasan Asia. Retrieved from kemenparekraf.go.id: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-ingin-bbtf-jadi-event-mice-terbesar-di-kawasan-asia
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2024, Juni 15). Siaran Pers: Menparekraf: BBTF Perkuat Upaya Capaian Target Wisman 2024. Retrieved from kemenparekraf.go.id: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-bbtf-perkuat-upaya-capaian-target-wisman-2024
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2022, Maret 1). Persiapan Pengembangan Halal Tourism dan Muslim-Friendly di Indonesia. Retrieved from kemenparekraf.go.id: https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/persiapan-pengembangan-halal-tourism-dan-muslim-friendly-di-indonesia
Khairally, E. T. (2023, Agustus 30). Pengertian Diplomasi, Tujuan, dan Contohnya di Era Usai Proklamasi Kemerdekaan. Retrieved from detik.com: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6903182/pengertian-diplomasi-tujuan-dan-contohnya-di-era-usai-proklamasi-kemerdekaan
Kostecki, M., & Naray, O. (2007). Commercial Diplomacy and International Business. Netherland: Netherlands Institute of International Relations' Clingendael'.
Martono, N. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan Seksualitas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Monica, Z. A., & Habib, M. A. F. (2024). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada PHD Nusantara. Journal of Management and Creative Business, 2(2), 39-60.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nova Irma Suryani Samosir, N. M. (2024). Strategi Promosi Penjualan Entrance Ticket Dalam Kondisi Low Season Di Pura Luhur Uluwatu. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 12(1).
Pawlikowska, T., Zhang, W., Griffiths, F., Dalen, J. v., & Vleuten, C. v. (2012). Verbal and non-verbal behavior of doctors and patients in primary care consultations – How this relates to patient enablement. Patient Education and Counseling, LXXXVI(1), 70-76. doi:10.1016
Travel. (2024, Juni 18). BBTF 2024 Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia. Retrieved from travel.kompas.id: https://travel.kompas.id/baca/bbtf-2024-dorong-pertumbuhan-pariwisata-indonesia/#:~:text=I%20Putu%20Winastra%20menyampaikan%20harapannya,internasional%2C%20serta%20mempromosikan%20pariwisata%20berkelanjutan.&text=Dalam%20rangka%20persiapan%20BBTF%202025,b
Yanwardhana, E. (2022, February 2). Kunjungan 2021 Anjlok Parah, Wisman Masih Ogah ke Indonesia? Retrieved from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/news/20220202144404-4-312340/kunjungan-2021-anjlok-parah-wisman-masih-ogah-ke-indonesia?utm_source=chatgpt.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.