PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU TERHADAP LABELISASI HALAL PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN LOKAL
DOWNLOAD ARTICLE (PDF)

Keywords

persepsi mahasiwa
labelisasi haram
kepedulian konsumen

How to Cite

Kusumawati, M., Reflis, R., Agusti, N., & Laksono, P. (2025). PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU TERHADAP LABELISASI HALAL PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN LOKAL. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 5(1), 65-82. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v5i1.10773

Abstract

Abstrak: Produk halal di Indonesia dapat ditentukan dari pencantuman label halal atau kepemilikan perusahaan atas sertifikat halal yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Salah satu produk yang perlu diperhatikan keamanan dan kehalalannya adalah makanan dan minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan persepsi mahasiswa terhadap labelisasi halal pada produk makanan dan minuman lokal. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Metode yang digunakan untuk penentuan sampel yaitu dengan metode Proportional Cluster Random Sampling. Populasi penelitian sebanyak 23.845 orang dan sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin. Kemudian sampel tersebut diproporsikan per fakultas yang terdapat di Universitas Bengkulu dengan menggunakan rumus alokasi proportional. Analisis yang digunakan untuk mengkaji persepsi yaitu analisis kualitatif dengan mengumpulkan data secara online berdasarkan google form. Sedangkan untuk menganalisis faktor apa yang berhubungan menggunakan metode korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini yaitu bahwa persepsi mahasiswa yang meliputi pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran berada dalam kategori tinggi. Sedangkan faktor budaya, faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor pisikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi mahasiswa mengenai labelisasi halal pada produk makanan dan minuman lokal. Namun, terdapat faktor yang berkorelasi kuat terhadap persepsi mahasiswa yaitu variabel faktor pribadi dengan koefisien korelasi (rs) sebesar 0.614**

Kata Kunci: Persepsi mahasiwa; Labelisasi haram; Kepedulian konsumen

 

Abstract: Halal products in Indonesia can be determined from the inclusion of a halal label or company ownership of a halal certificate issued by the Halal Product Guarantee Agency (BPJPH). One of the products that need to be considered safe and halal is food and beverages. The purpose of this study is to determine the perceptions of students and find out what factors are associated with student perceptions of halal labeling on local food and beverage products. Selection of research locations using the Purposive method. The method used for determining the sample is the Proportional Cluster Random Sampling method. The study population was 23,845 people and the sample obtained was 100 people. The sample was taken using the Slovin formula. Then the sample was proportioned per faculty at Bengkulu University using the proportional allocation formula. The analysis used to assess perceptions is qualitative analysis by collecting data online based on google form. Meanwhile, to analyze what factors are related using the Rank Spearman correlation method. The results of this study are that student perceptions which include knowledge, understanding, and awareness are in the high category. While cultural factors, personal factors, social factors, and psychological factors have a positive and significant effect on student perceptions of halal labeling on local food and beverage products. However, there are factors that are strongly correlated with student perceptions, namely the personal factor variable with a correlation coefficient (rs) of 0.614**.

Keywords: Student perception; Haram labeling; Consumer concern.

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v5i1.10773
DOWNLOAD ARTICLE (PDF)

References

A’yuni, D. S., Sundari, S., & Prahara, R. S. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Minat Beli Masyarakat Muslim Mojokerto. Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(1), 2599–2473. https://doi.org/10.31538/almada.v5i1.4469

Adiba, F. A., Sebrina, C. N., Aulia, S. R., Supriatna, A., & Cahyanto, T. (2023). Analisis Tingkat Pengetahuan dan Kesadaran Konsumsi Pangan Halal pada Mahasiswa Biologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Indonesia Journal of Halal, 6(2), 65–74. https://doi.org/10.14710/halal.v6i2.19295

Agus, P. A. (2017). Kedudukan Sertifikasi Halal dalam Sistem Hukum Nasional sebagai Upaya Perlindungan Konsumen dalam Hukum Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 150–165. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2172

Al Farisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat terhadap Pembelian Produk Makanan Halal di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(2), 60–75. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.12

Al Mustaqim, D. (2023). Sertifikasi Halal sebagai Bentuk Perlindungan Konsumen Muslim: Analisis Maqashid Syariah dan Hukum Positif. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(2), 54–67. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i2.64

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D.(2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2023. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/WVc0MGEyMXBkVFUxY25KeE9HdDZkbTQzWkVkb1p6MDkjMw%3D%3D/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin--2023.html?year=2023&utm_source=chatgpt.com

Destryana, R. A., Ismawati, & Wibisono, A. (2019). Pemahaman Ibu pada Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Anak di Kecamatan Kota Sumenep. PERFORMANCE Bisnis & Akuntansi, VI(1), 32–39. https://doi.org/10.24929/feb.v9i1.673

Hariani, D., & Sutrisno, S. (2023). Potensi dan Strategi Pengembangan UMKM Halal di Indonesia. Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 76–91. https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1492

Kaffah, N. (2020). Pengaruh Perilaku dan Pengetahuan Konsumen Muslim dalam Membeli Makanan Halal terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Muslim Taman Jajan Bintaro). [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. UIN Jakarta Institutional Repository. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53941

Khairuni, N., Rahmawati, A., & Rahmawati, K. (2022). Peran Program Magang Kependidikan III terhadap Penguasaan Technological Pedagogical Vocational Knowledge pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.60

Lestari, I. D. (2022). Pemahaman Labelisasi Halal terhadap Produk Makanan pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2020 Program Studi Ekonomi Islam Produk Makanan pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2020. [Skripsi, 20–21. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo]. Retrieved from https://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7074/

Lestari, P. I., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang pada Generasi Z : Ditinjau dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, dan Promosi. Journal of Current Research in Business and Economics, 01(02), 12–22. Retrieved from https://jcrbe.org/index.php/rbe/article/view/11

Lia, A., Ibdalsyah, I., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.788

Mindadari, R. L. (2020). Persepsi Sriwijaya Fc Palembang terhadap Berita Kematian Suporter Persija Jakarta. [Thesis. UIN Raden Fatah Palembang]. Retrieved from https://repository.radenfatah.ac.id/4147/

Muzdalifah, M., & Almuin, N. (2023). Analisis Penilaian dan Minat Beli Produk Halal pada Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2216–2222. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21689

Ningtyas, D. A. U. S., Bakhtiar, A., & Agustina, Y. (2022). Persepsi Mahasiswa Agribisnis terhadap Makanan Halal dan Tayib (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Malang). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 6(1), 52–58. https://doi.org/10.30596/jasc.v6i1.11358

Nur, F. (2021). Jaminan Produk Halal di Indonesia terhadap Konsumen Muslim. Jurnal Likuid, 1(1), 43–54. DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v1i1.12732

Nuraini, A., & Saepurohman, M. (2024). Analisis Persepsi Masyarakat Muslim terhadap Pentingnya Label Halal pada Produk Makanan (Studi Kasus: Masyarakat Desa Kersamenak). Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah, 5(April), 415–427. https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.vi.46813

Rustandi, N., & Marlina, H. (2022). Pengetahuan Produk dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Makanan Berlabel Halal pada Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 2(2), 149–164. https://doi.org/10.35194/arps.v2i2.2630

Ruzi, F. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Shopee dengan Regresi Linear Berganda. [Skripsi, Program Studi Sistem Informasi (S1), Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia]. Retrieved from http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2314

Safira, B. (2020). Analisis Persepsi Konsumen terhadap Label Halal pada Makanan (Studi Kasus pada Gen Z dan Gen Y). [Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14544%0Ahttp://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/14544/SKRIPSI BELA SAFIRA_ALHAMDULILLAH FINISH.pdf?sequence=1

Safitri, L. N., Mukaromah, S. M., & Habib, M. A. F. (2021). Analisis Potensi Obyek Wisata Pantai dengan Konsep Halal Beach Tourism di Kota Denpasar. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 1(2), 143-156.

Sari, L. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Muslim Membeli Produk Tanpa Labelisasi Halal (Studi Kasus J.Co Donuts and Coffee Carefour Medan). [Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4600

Satu Data Kementerian Agama RI . (2022). Jumlah Penerbitan Sertifikat Halal Menurut Jenis Produk. Retrieved from https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-penerbitan-sertifikat-halal-menurut-jenis-produk

Satu Data Kementerian Agama RI . (2022). Jumlah Penerbitan Sertifikat Halal Menurut Skala Usaha. Retrieved from https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-penerbitan-sertifikat-halal-menurut-skala-usaha

Syafrida. (2016). Sertifikat Halal pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. ADIL: Jurnal Hukum, 7(2), 159–174. Retrieved from https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Thoha, M. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, T., Yarmunida, M., & Arisandi, D. (2022). Kesadaran Halal Masyarakat terhadap Produk UMKM Makanan di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1376. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2473

Wahyuningsih, D. S. . (2021). Analisis Respon Konsumen Muslim terhadap Kedai Kopi yang Belum Bersertifikat Halal. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 2(1), 1–14. Retrieved from https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/53

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.